Cerita Mahasiswa Semester Tua Di Malang

Mahasiswa itu berbeda-beda, awal kuliah biasanya dekat dengan teman-teman satu daerah atau yang pertama kenal di kota perantauan. Dari awal kuliah pasti sudah menyiapkan semua secara maksimal, mulai dari pakaian, belajar sopan santun untuk hidup di kota orang, bisa mengatur keuangan dengan benar. Mahasiswa itu banyak pengeluaran yang tidak terduga, tapi kalau kita sebagai mahasiswa bisa mengaturnya dengan benar itu semua dapat teratasi yang akan berguna untuk keperluan hidup di kota orang, Banyak sekali yang harus kita pelajari untuk mengenal bagaimana hidup di kota orang lain bagi perantau yang jauh dengan orang tua. Jadi mahasiswa itu awalnya pasti sangat bersemangat untuk kuliah, tapi coba aja sendiri saat uda menjalani semester 4 keatas, kalau kita sadar akan itu seharusnya kita sebagai mahasiswa yang  bisa berfikir untuk masa depan kita mau dibawa kemana. Mahasiswa sudah wajib hukumnya mempunyai salah skill yang mumpuni. Itu semua sangatlah penting agar kita bisa mengukur kemampuan kita dalam menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan skill atau hobi yang kita miliki.

Mahasiswa yang sudah berfikir seperti itulah biasanya mencari sesuatu yang mereka suka agar bisa menjadi tambahan uang bulanan. Semakin kita menempuh semester atas uang bulanan yang pada semester awal bisa untuk ditabung biasanya mengalami kekurangan setiap bulannya. Banyak mahasiswa yang mencari pekerjaan partime atau bahkan usaha sambilan untuk memutar uangnya dan yang paling penting yaitu menjalin relasi dengan orang-orang hebat lainnya yang sudah lebih berpengalaman sebelumnya dalam menjalani sebuah bisnis atau pekerjaan itu sendiri. Sebenarnya dalam kampus itu sangatlah gampang untuk menyelesaikan semua mata kuliah yang seharusnya ditempuh dengan mulus. Tapi coba kalau ditengah jalan kita menemukan dosen yang seenaknya sendiri dalam memberikan nilai kepada mahasiswanya, inilah yang terjadi dikebanyakan mahasiswa susah untuk lulus dalam mata kuliah yang dosennya killer.

Mahasiswa ngaret itu uda biasa, tapi kalau mahasiswa ngaretnya menghasilkan kesuksesan itu baru namanya luar biasa. Disamping kita membantu orang tua meringankan beban biaya kita bisa mengenali bagaimana sih dunia kerja sesungguhnya. Di dalam dunia kerja itu memang diperlukan skill yang kita punya, tetapi yang jadi masalah sekarang banyak sekali mahasiswa yang memilih jurusan yang dipaksa oleh orang tuanya atau bukan kehendak dari dalam diri mahasiswa itu sendiri. Itu bisa berakibat fatal lhoo, karena banyak sekali pengangguran diluar sana yang mengalami seperti ini. Setelah mereka lulus mereka kebingungan dalam mencari sebuah pekerjaan apa yang sekiranya cocok dengan hobi atau kesukaannya. Bayangkan saat kerjaan itu tidak sesuai dengan kesukaanmu, apakah bisa fokus dan tepat waktu dalam menyelesaikannya?

Oleh karena itu sebaiknnya kita tekuni bidang apa yang kita sukai dalam menjalankan sebuah pekerjaan atau bisnis sekalipun. Lebih serukan? Jika kita mengerjakan sesuatu karena itu semua memang kita sukai atau sudah menguasai dengan benar dan yang paling penting sudah mencintai pekerjaan itu.

Share This:

Comments

comments