Program Studi Universitas Brawijaya

Program studi yang mendapatkan Assessment dari AUN-QA

Assessment dari AUN-QA – Pada 2015, tiga program studi di Universitas Brawijaya akan mendapat assessment dari AUN-QA. Ketiganya adalah S1 Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan S1 (program sarjana) Biologi FMIPA, terakhir S1 Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Lalu apa itu AUN-QA? AUN-QA atau ASEAN University Network Quality Assurance merupakan upaya pemantauan kualitas secara terstruktur, sistematis serta berkesinambungan guna untuk memperkuat jaringan solidaritas dan identitas regional melalui pengembangan pada sumber daya manusia dan iptek.

Untuk menyongsong Assessment dari AUN-QA pada pertengahan tahun 2015 ini, FEB akan mempersiapkan diri yaitu berupa simulasi terkait assessment seperti sarana prasarana, kurikulum, tenaga pengdidik dan manajemen. Dekan FEB yaitu Prof. Dr. Candra Fajri Ananda, SE, MSc menyampaikan terhadap akreditasi perguruan tinggi merupakan upaya peningkatan kualitas dan perbaikan sistem manajemen perguruan tinggi. Perolehan akreditasi ABEST21 untuk program Magister Akuntansi dan Manajemen merupakan yang pertama di Indonesia. Di susul program Magister Ilmu Ekonomi pada 2016 mendatang.
WR IV menambahkan, di dalam mempersiapkan persaingan di tingkat Asia, pihaknya memperhatikan beberapa poin penting publikasi ilmiah, penelitian dan kerjasama internasional. Termasuk mahasiswa asing yang menempuh studi di Universitas Brawijaya.

Sebanyak 171 mahasiswa asing kini telah aktif sebagai mahasiswa di UB. Jumlah tertinggi mahasiswa tercatat dari Malaysia dan Libya. Disamping letaknya di Malang, reputasi UB juga telah diakui di dunia internasional melalui webometrics menempati posisi 4 tertinggi di Indonesia dan posisi 700 di Asia versi QS-Star. Tiga program studi telah terakreditasi internasional yakni Program Pascasarjana Akuntansi dan Manajemen oleh The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, 21st Century Organization atau ABEST21, Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan oleh Institute of Food Technologist atau IFT Amerika Serikat dan S1 Administrasi Bisnis oleh Asian Association of Schools of Business International atau AASBI.

Kerjasama internasional terkait atau berdasarkan tri dharma perguruan tinggi dilakukan UB di banyak negara. Seperti GuangXi Normal University China, Graduate School of Pukyong National University Republic of Korea, University of Malaya Kuala Lumpur Malaysia, Yildiz Technical University Istanbul Turki, International Islamic University Islamabad Pakistan, Kanazawa University Jepang, University of Kentucky Amerika Serikat, University of Queensland Australia, The Charles University in Prague Czech Republic, terakhir dari University of Applied Science Aachen Germany. Beberapa perguruan tinggi telah menjadi partner program double degree seperti University of Miyazaki Jepang, National Central University Taiwan, Murray University Amerika Serikat Changzhou Institute of Technology China serta Prince of Songkla University Thailand.

Optimisme disampaikan Asih dalam menghadapi persaingan negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Perlu diketahui bahwa SDM Indonesia dikenal suka bekerja keras dan ulet. Hanya saja, untuk kemampuan bahasa asing harus ditingkatkan yaitu bahasa Inggris harus serta tambahan bahasa lainnya semisal Mandarin. Mengingat Tiongkok merupakan Negara dengan populasi tertinggi dan di prediksi akan semakin kuat di masa mendatang. Demikian sedikit informasi untuk Assessment dari AUN-QA.

Share This:

Comments

comments